USAHA DARI MENULIS

Bookmark and Share

Anda hobi menulis? Ingin mulai mencari penghasilan sendiri dengan biaya yang minim tapi hasilnya bisa maksimal? Kalau iya, barangkali usaha ini yang satu ini pas buat anda. Usaha apa? Usaha Tulis menulis.
Usaha ini bisa dibilang relatif mudah, karena investasi dan modal terbesar yang dibutuhkan sudah ada sejak anda lahir. Yup, modal utama anda adalah pikiran untuk berkreatifitas. Modal inilah yang akan mengolah ide-ide anda dalam membuat berbagai jenis tulisan, baik fiksi maupun non fiksi.
Saat ini ada ratusan bahkan ribuan usaha penerbitan di tanah air kita ini. Ada yang besar seperti: Gramedia, Erlangga, Agromedia, dll. Penerbit yang masuk dalam kategori kecil tapi produktif juga banyak loh. Penerbit - penerbit ini sekarang cenderung aktif dalam mencari penulis karena menurut mereka, bukan masanya lagi penulis mencari penerbit tapi sekarang penerbitlah yang mencari penulis. Jadi, bagi anda yang mempunyai hobi menulis, peluang ini sangatlah terbuka lebar.
Mungkin nada bertanya, Benarkah saya bisa hidup dari hasil menulis? Jawaban saya, Relatif. Tapi, dari fakta ini semoga jadi motivasi anda... saat ini, satu per episode naskah untuk sebuah sinetron TV di bayar Rp. 2 - 3 jutaan bagi penulis pemula. Bisa beda lagi kalau ternyata sinetron itu meledak, naskah yang dibuat akan di kasih harga bisa mencapai Rp. 15 jutaan bahkan lebih untuk 1 episode. Atau, cobalah anda lihat majalah-majalah atau koran di loper penjual.. anda bisa lihat begitu banyak ragam macam majalah/koran itu tandanya peluang dibisnis ini sangat bagus bukan..?? Tahu tidak, mereka bisa memberi upah untuk 1 tulisan antara Rp. 200 ribuan - 1,5 jutaan tergantung panjang pendeknya tulisan. Bagaimana, anda tertarik ??
Oke, kita lanjut...

Lokasi.
Tak perlu susah-susah mencari lokasi untuk memulai usaha menulis anda. Cukup duduk dikamar di depan komputer atau mesin ketik. Dan untuk berhubungan atau mencari penerbit juga mudah, sekarangkan kita bisa menggunakan email bisa diwarnet atau memakai HP yang support dengan internet. Selain itu lewat internet anda bisa mencari data buat inspirasi anda menulis. jadi serba gampangkan??

Modal.
Bicara tentang modal, ya modal utama anda adalahpikiran dan kreatifitas anda. Jadi rajin-rajinlah mengasah otak anda agar selalu punya ide brilian yang bisa dijadikan bahan tulisan. Baca koran, majalah, nonton film, bergaul, itu semua bisa anda rangkum dalam otak untuk dijadikan bahan tulisan. Modal lainnya, sudah tentu adalah komputer atau mesin ketik. Kalau tak punya, anda pun bisa ke tempat rental dimana saja. Bahkan, kalau kamu mau bertanya-tanya banyak komputer bekas yang dijual dipasaran. Tanya ke saudara, teman atau bekas pakai sebuah kantor, anda bisa mendapat komputer bahkan dengan harga dibawah satu juta. Tak perlu yang mewah atau mahal, sebab, yang anda perlukan di sini paling hanya untuk mengetik naskah. Tapi, kalu anda memang mau mengakses internet sendiri, sudah tentu komputernya juga harus memadai.

Biaya Operasional.
Nah, untuk menjalankan usaha ini, sudah pasti anda juga perlu memperhitungkan biaya listrik dan telepon untuk komputer dan internet anda. Perhitungkan juga biaya beli atau sewa buku untuk bahan referensi tulisan. selain itu, biaya cetak naskah atau hardcopy sebelum diberi ke penerbit juga perlu anda hitung biaya kertas dan tintanya. Di luar itu, biaya pengiriman naskah ke penerbit bisa juga ditekan jika penerbitnya mau menerima softcopy melalui kiriman email.

Worker.
Pekerja yang utama disini, ya, anda sendiri. Tapi, kalau anda sudah menjadi penulis besar, bisa juga anda meminta bantuan orang lain untuk mencari data. Bahkan, untuk penulis-penulis diluar negeri, tak jarang mereka mengupah juru ketik untuk membantu mengubah ide yang ada di otak mereka menjadi sebuah tulisan yang bisa diterbitkan.

Promosi.
Mau terkenal sebagai penulis? Banyak caranya. Jika memang anda telah menerbitkan buku, anda bisa mempromosikan buku anda di berbagai mailing list yang bertebaran dijaringan email. Atau, jika anda cukup rajin untuk membuat catatan dan tulisan sehari-hari, anda bisa pula membuat blog di internet, Blog ini semacam "buku harian" anda yang bisa diakses dan dibaca orang lain, jadi semacam website pribadi. dengan blog yang sangat mudah dibuat ini, anda bisa mempromosikan diri anda dan karya anda. Malah, belakangan ini, banyak juga penerbit yang menerbitkan buku dan blog-blog seperti ini.

Kendali Keuangan.
Sekali lagi perlu ditegaskan, bahwa masalah keuangan ini menjadi titik krusial bagi rekan muda seperti kalian. Sering, kalu sudah punya uang dari hasil menulis, malah digunakan untuk bersenang-senang. Tak salah, memang. Tapi sebaiknya, kalau anda mau, sebenarnya tulisan-tulisan anda yang nantinya sudah banyak dimuat di media dan bahkan sudah menjadi buku, hasilnya dapat dibuat untuk mengembangkan usaha. Usah penerbitan. Yup, anda bisa menjadi penerbit kecil dengan biaya tidak terlalu besar dan menerbitkan buku-buku komersil anda sendiri.
Jadi, jika anda sudah mempunyai penghasilan sendiri dari hasil menulis ini, ada baiknya buat perencanaan kedepan agar uang anda bisa terus dikembangkan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Hi All, thanks for reading my post. I would be glad if you give me a comment about this post.